Bisma karisma = Me

Selasa, 01 Februari 2011

BEat BEat Beat BOX ~


Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Pemain beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Beatbox selalu dikaitkan dengan vokal perkusi maupun dengan multivokalisme. Meskipun pada dasarnya sama, namun secara umum perbedaan Beatbox terletak pada keterkaitannya dengan budaya dan musik Hip Hop[1]. Meski demikian pada prakteknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya.

Daftar isi

 [sembunyikan]

[sunting]Sejarah Beatbox

[sunting]Tradisional

Imitasi suara sudah dikenal masyarakat dunia sejak dahulu kala. Meskipun tidak ada hubungan langsung dengan budaya Hip Hop, seni-seni vokal perkusi seperti musik Bol di IndiaKouji di China, maupun teknik vokla perkusi dari Afrika turut menjadi landasan dalam beatboxing. Di Indonesia sendiri terdapat tari kecak yang musik latarnya merupakan paduan dari bunyi-bunyi dari kosakata tertentu.

[sunting]Era Hip Hop

Beatbox dalam dunia Hip Hop mulai dikenal pada tahun 1980-an. Kata "beat box" secara harfiah mengacu pada mesin drum generasi pertama, oleh sebab itu para beatboxer pada era tersebut sering dijuluki sebagai "Human Beat Box". Musisi yang menjadi pelopor diataranya Doug E. Fresh, Darren "Buffy" Robinson dari grup The Fatboys, dan Leonardo "Wise" Roman dari Stetsasonic. Masing-masing musisi mempelopori ciri khas dan gaya yang berbeda-beda dan menginspirasi generasi beatboxer berikunya. Selain menghasilkan suara ketukan dan ritme, pada era ini musisi Biz Markie juga memperknalkan teknik MCing dan menyanyi yang digabungkan dengan suara perkusi.

[sunting]Era Modern

Pada dekade 1990-an, musisi Beatbox banyak bermuculan dan juga berkonstibusi dalam penyebaran beatbox ke seluruh penjuru dunia. Beatboxer yang cukup tersohor antara lain Vaughan Chadderton, Rahzel, Kenny Muhammad, serta Matisyahu. Perkembangan Internet juga memberi dampak positif bagi perkembangan beatbox di seluruh dunia.
Pada tahun 2005, untuk pertama kalinya diadakan kejuaraan beatboxing sedunia di LeipzigJerman. Kejuaraan ini diikuti oleh Beatboxer dari seluruh penjuru dunia seperti Tom Thumb dan Joel Turner dari Australia, White Noise dari Irlandia, Roxorloops dari Belgiua), Poizunus dariKanada, serta Faith SFX dari Inggris. Di akhir kejuaraan, dinobatkanlah Joel Turner dari Australia sebagai pemenang pertamannya. Sedangkan posisi runner-up diberikan kepada Roxorloop dari Belgia.


Tutorial Bongo Drum by The Loveno


 

BBC Radio 1′s Essential Mix – Beat Boxing Beardyman


Terlalu bagus untuk dilewatkan. Beardyman from the UK. Check it out!
 

Basic Beatbox Tutorial by Avo



Also featured on Vaseline Men How to Beatbox.
 

Oz – Beatbox tutorial, D&B to Breakbeat with transition


 

The Ox & Oz 2nd Video – Beatbox Conversation


 

Avo in “Dahsyatnya Awards 2011″ TV Commercial


 

The Ox & Oz 2nd Video – Beatbox Conversation


 

Gazelle feat BEJO (Beatboxing of Jogja)



Ini vlog dari Rando a.k.a. GazelleCross berisi perjalanan liburan dia selama 3 hari di Yogjakarta, ketemu dengan teman2 dari Beatboxing of Jogja (BeJo), memberi coaching clinic kepada murid2 di asrama Aloysius Turi, dan ketemu dengan teman2 dari Indonesia’s Got Talent.
 

Oz & Ox first beatboxing video!


Oz (Jevin Julan) & Ox (Yori Melano) from IndoBeatbox. :)
 

Tutorial: Melatih Diafragma


Untuk tutorial kali ini tanpa video. Mudah-mudahan cukup mudah dimengerti ya. :)
APA ITU DIAFRAGMA?Diafragma adalah otot yg berada di antara paru-paru dan perut. Melatih otot ini menghasilkan suara yang lebih lantang, tapi tanpa perlu berteriak. Jadi tenggorokan kita tidak capek. Melatih otot diafragma ini adalah hal yang krusial bagi penyanyi.

Sumber gambar.


APA KAITANNYA DENGAN BEATBOXING?Diafragma yang terlatih dengan baik membuat kita bisa menghembuskan udara yang kuat dengan sedikit nafas. Dalam hal ini, kaitannya dengan kekuatan volume suara-suara yang kita buat ketika beatboxing.
BAGAIMANA MELATIHNYA?Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menirukan suara bersin. Detilnya seperti ini:
  1. Suara bersin yang kita gunakan adalah “AKCHOO”.
  2. Kita penggal bagiannya menjadi A, Kh, dan Choo. A – Kh – Choo.
  3. Tarik nafas dari mulut ketika mengucapkan A, keluarkan nafas tapi tahan saat mengucapkan Kh, dan keluarkan sisa udara saat mengucapkan Choo.
  4. Ulangi perlahan-lahan hingga lancar. Pertahankan kekuatan udara yang ditarik dan dikeluarkan.
  5. Setelah lancar, naikkan temponya sedikit, ulangi hingga lancar. Pertahankan kekuatan udara yang ditarik dan dikeluarkan.
  6. Dan seterusnya sampai kita bisa melakukannya dengan cepat dan kekuatan udaranya konstan.
Saat berlatih, coba pegang otot perut di bawah ulu hati dan perhatikan otot diafragma kita mengencang dan mengendur. Dengan sering berlatih otot tersebut akan terbiasa untuk mengencang dan mengendur secara otomatis saat kita mengeluarkan suara yang lantang tapi tidak berteriak.
Tahap lanjutannya, bisa dicoba beberapa alternatif di bawah ini:
  1. Menirukan suara nafas mulut anjing. H-H-H-H-H… dst. H pertama tarik nafas, H berikutnya buang nafas, dst. Latihan ini sangat membantu untuk mengeluarkan suara satuan tapi temponya cepat. Contohnya seperti pada beat rutin Roxorloops ketika mendemonstrasikan suara snare drum saat dia membuka performancenya.
  2. Menirukan suara monyet juga dengan teknik menarik dan membuang nafas secara cepat. Latihan ini membantu untuk mebuat variasi vocal scratch. Contohnya bisa search di YouTube video seorang beatboxer dari Lyon, Perancis, bernama BMG, di mana salah satu beat rutin / andalannya adalah vocal scratch melalui hidung sambil mengeluarkan beat dengan teknik sugabox.
Ok, semoga bermanfaat dan selamat berlatih! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar